Selasa, 13 Juli 2010

PENYIMPANGAN YANG NYATA TERHADAP ALQURAN !

STANDAR RUJUKAN :
(QS. An Nisa 4 : 59) " Maka apabila kalian berselisih pendapat mengenai sesuatu maka kembalikanlah masalah tersebut kepada Alquran dan Sunnah."

DIKETAHUI :
Saat ini, bnyak mnusia keliru dlm memaknai ALQURAN...
Shs sering kita jumpai kebanyakan masyarakat mengira bahwa hnya dgn membacanya tanpa sedikitpun memahaminya bacaan tsb Allah akan memberikan pahala kepadanya. Jangan kan hanya mmbaca, sdangkn walaupun sudah paham Allah masih ttap mengancamnya jika tdk melaksanakannya !! yg biasa dikenal dgn nama "munafik"

Fenomena ini dapat kita lihat dari tradisi YASINAN dan TADARUS QURAN pada bulan ramadhan. Dan ironisnya lagi ada sebagian orang yg mengganggap ALQURAN itu sebagai JIMAT PENANGKAL yg digantung di atas PINTU & disimpan di DOMPET, PENOLAK BALA, SYA'IR, & bacaan yg dibacakan untuk orang MENINGGAL seperti AYAT KURSI/SURAT YASIN, dsb.

DITANYA : Benarkah pemahaman seperti ini ?

PENYELESAIAN : Perhatikan Makna & Fungsi Alquran sesuai Firman Allah !

A) Definisi Alquran
Secara bahasa (etimologi) Alquran berasal dari kata QA RA A yaitu MEMBACA
yg memiliki 3 makna : mempelajari, mengumpulkan, menghimpun 1 bagian thd bagian yg lain.
(Kamus B. Arab Al Munawwir)

Allah berfirman :
(QS. Al Qiyamah 75 : 16-19) "Dan janganlah kamu gerakkan lidahmu dengan tergesa gesa untuk menguasainya. Sesungguhnya Kamilah yg mengumpulkannya di dadamu dan membuat kamu pandai membacanya. Maka apabila dibacakan kepadamu maka ikutilah (laksanakan) bacaan tersebut. Kemudian atas tanggungan kamilah menjelaskannya."

B) Fungsi Alquran
1) MENJELASKAN SEGALA SESUATU
(QS. An Nahl : 89) " Dan Kami telah mnurunkn Alquran kpdmu utk mnjelaskn sgla s'suatu"

2) SEBAGAI PETUNJUK HIDUP
(QS. Al Baqarah 2 : 185) "Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan menjelaskan petunjuk tersebut.

Rasulullah saw bersabda : Bagimu Alquran maka jadikanlah dia imam (ikutan) dan sandaran (tempat bernaung) karena sesungguhnya Alquran tersebut adalah perkataan Rabb sekalian alam.

3) SEBAGAI OBAT KESADARAN
(QS. Yunus : 57) " Wahai manusia s'sungguhnya telah datang kpdmu pngajaran dari Rabbmu dan obat penawar bagi yang ada di dalam kesadaranmu"

(QS. Al Hajj : 46) "Qolbu yang berada di dalam kesadaran"

4) SEBAGAI HUKUM (PERATURAN)
(QS. An Nisa' : 105) " S'sungguhnya Kami telah mnurunkan Kitab (Alquran) kpdmu dgn kbnaran agar kamu mnjadi hakim (mnghukum/mengatur) mnusia dgn adil"

Dari 'Aisyah r.a bahwa Rasulullah saw bersabda : Celakalah orang2 yg membaca Alquran namun, ia tdk mentadabburinya.

Dari keterangan ayat diatas, jelas bahwa Alquran merupakan suatu yg harus DIPAHAMI dengan jelas shg ia (Alquran) tsb dapat DIJADIKAN PETUNJUK yg memiliki arah dan instruksi kerja dari Allah yang harus dilaksanakan. Setelah Alquran tsb dijadikn petunjuk mk ia akn mampu MENGOBATI PENYAKIT yg ada di dlm ksadarn mnusia yg akhirnya dapat djadikan PERATURAN dlm khidupan agr trcipta ksejahteraan. Dan SEMUA FUNGSI tsb hanya bisa dilaksanakan bagi MANUSIA YANG HIDUP karena hanya manusia yg hiduplah yg MAMPU MELAKSANAKAN FUNGSI ayat2 Allah tsb.

KESIMPULAN : ALQURAN adalah himpunan bacaan yg datang dari Allah beserta penjelasannya untuk dilaksanakan seluruh manusia sebagai pedoman hidup agar tercpta SURGA di dunia.

Insya Allah penjelasan ini brmanfaat trutama bg saya, para ikhwan & akhwat.
Jazakumullahu khairan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar