Minggu, 27 Juni 2010

[SINGKAT TAPI MENGGUGAH, DIBACA YA!]: Nasehat Emas dari Salah Seorang Murid Terbaik Al-Albaniy Bagi yg Mau Serius Belajar Agama

Saya sampaikan kepada saudara sekalian apa yang ditulis oleh Asy-Syaikh Abu Ishaq Al-Huwaini di muqaddimah buku beliau Tanbihul Hajid (kurang lebih):

“Saya kira saya tidak sedang mengada-ada atau berlebihan apabila saya mengatakan: Sungguh saya benar-benar bisa melihat setelah sebelumnya butamanakala saya belajar kedua ilmu yang agung tersebut (yakni ushul hadits dan ushul fiqh). Saya nyatakan bahwa seorang yang jahil dengan kedua ilmu ini tidak akan pernah bisa menjadi ‘alim sehebat dan sebanyak apapun buku fiqih yang dia hafal. Karena tidak mungkin bisa dilakukan pemilihan dan penetapan mana yang benar ketika terjadi perbedaan pendapat kecuali dengan kedua ilmu ini. Ilmu hadits akan menentukan mana yang shahih dari dalil yang anda gunakan, dan ilmu ushul fiqih akan mengokohkan pemahaman anda terhadap dalil yang shahih tersebut. Maka keduanya ibarat dua sayap bagi seekor burung.”



Mari kita sama-sama bersungguh-sungguh untuk giat belajar dan mempelajari keduanya, yang semuanya itu tentu harus dibuka dengan bahasa arab.

http://salafyitb.wordpress.com/2006/12/18/ushul-hadits-dan-ushul-fiqh-kuasailah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar